Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FIQIH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK MODERN AL-KAUTSAR PEKANBARU

MAKMUR HENDRIK (2013) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU FIQIH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK MODERN AL-KAUTSAR PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131011PAI.pdf

Download (700kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik guru fiqih dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang diteliti. Variabel indepedent yaitu kompetensi pedagogik guru fiqih dan variabel dependent yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah kompetensi pedagogik guru fiqih terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sekolah. Teknik analisis data yang digunakan dengan mengunakan korelasi Product Moment. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel x (kompetensi pedagogik guru fiqih) dan variabel y (hasil belajar siswa). Metode analisis korelasi data yang dipergunakan dalam penelitian adalah korelasi Product Moment. Berdasarkan penghitungan diketahui bahwa nilai r = 0,936 sedangkan r tabel untuk df = 4 pada taraf singnifikan 5% dan 1% masing-masing adalah 0,811 dan 0,917, karena r hitung < r tabel atau, 0,811 < 0,936 > 0,917, dengan demikian variabel x (kompetensi pedagogik guru) dan variabel y (hasil belajar) terdapat hubungan yang siknifikan. Besarnya kontribusi kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa adalah 93,6 %. Melihat besarnya hubungan kedua variabel dapat dikategorikan sangat kuat. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang siknifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Kautsar Pekanbaru sehingga Ha diterima dan Ho ditolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:53
Last Modified: 07 Sep 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5661

Actions (login required)

View Item View Item