Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN POINT OF VIEW PADA SISWA KELAS V SDN 004 BANGKINANG

NURFAJRIANI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN POINT OF VIEW PADA SISWA KELAS V SDN 004 BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131006PAI.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam yang tergolong rendah. Menurut analisa sementara peneliti hal terebut dipengaruhi Tidak adanya kreatifitas siswa dalam belajar misalnya diberikan tanggapan atau sanggahan yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Sebagian besar siswa yaitu 65% dari jumlah siswa 30 orang dikelas kurang berpartisipasi aktif dalm pembelajaran, hal ini terlihat dari kurangnya siswa mengajukan pertanyaan atau pendapat pada gurunya, ketika sesi tanya jawab berlangsung. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SDN 004 Bangkinang. Sedangkan objek dalam penelitian adalah penerapan metode pembelajaran Point of View untuk meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 004 Bangkinang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Adapun setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Dapat diambil kesimpulan bahwa aktifitas siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan metode Point of view, diperoleh persentase sebesar 56% atau dengan kategori “cukup”, kemudian pada siklus I pertemuan I sebesar 60% dengan kategori “cukup” dan pada pertemuan II sebesar 70% dengan kategori “cukup”, meningkat pada siklus II pertemuan I sebesar 71% dengan kategori “baik” dan pada pertemuan II sebesar 80% dengan kategori “baik”. Artinya penerapan metode Point of view dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 004 Bangkinang pada materi Kisah Nabi Ayub AS, Nabi Musa AS dan Nabi Isa AS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5659

Actions (login required)

View Item View Item