PENGGUNAAN STRATEGI PORTOFOLIO PADA MATERI MENCERITAKAN KISAH NABI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 BANDUR PICAK KABUPATEN KAMPAR

SITI AISYAH, (2013) PENGGUNAAN STRATEGI PORTOFOLIO PADA MATERI MENCERITAKAN KISAH NABI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 BANDUR PICAK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131005PAI.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam yang tergolong rendah. Menurut analisa sementara peneliti hal terebut dipengaruhi Sebagian besar siswa kurang memperhatikan pelajaran yang dijelaskan guru. Hal ini dapat dilihat bahwa masih banyak siswa yang melakukan aktivitas lain, berbicara dengan teman di sampingnya, sehingga banyak siswa tidak merespon terhadap penjelasan guru. Ketika guru mengajukan pertanyaan, kebanyakan dari siswa cenderung lamban dalam menjawab apa yang ditanyakan guru, bahkan tidak terjawab. Kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis cerita, hal ini dapat dilihat ketika guru memberi suatu permasalahan untuk diselesaikan, siswa banyak yang diam dan tidak memberikan jawaban. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Bandur Picak Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran portofolio untuk meningkatkan ktivitas belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Adapun setiap siklus dilakukan dalam 1 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Dapat diambil kesimpulan bahwa aktifitas siswa dalam proses pembelajaran dengan penggunaan strategi portofolio, diperoleh persentase sebesar 57% atau dengan kategori “cukup”, kemudian pada siklus I sebesar 67% dengan kategori “cukup” dan siklus II sebesar 76% dengan kategori “baik”, meningkat pada siklus III dengan persentase sebesar 92% dengan kategori “baik sekali”. Artinya penggunaan strategi portofolio dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Bandur picak kabupaten Kampar pada materi Menceritakan kisah Nabi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item