PENERAPAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH IRSYADUNNAS PASIR PANDAK KECAMATAN KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU

M. HASIM, (2013) PENERAPAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH IRSYADUNNAS PASIR PANDAK KECAMATAN KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013991PAI.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV pada pelajaran Akidah Akhlak terlihat dari gejala yang ditemukan dilapangan, yaitu jika guru memberikan pertanyaan, sebagian siswa tidak dapat menjawabnya, siswa kurang berani bertanya mengungkapkan kesulitan dalam belajar, siswa dalam pembelajaran hanya menunggu intruksi dari guru, dan jika diminta mengerjakan latihan di papan tulis, sebagian siswa tidak mau. Dari permasalahan tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian yaitu apakah penerapan Strategi Questions Students Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Irsyadunnas Pasir Pandak Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Irsyadunnas Pasir Pandak Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu dapat ditingkatkan melalui penerapan Strategi Questions Students Have. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang, yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Questions Students Have untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilalui beberapa tahap, yaitu: 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data penelitian ini terdiri dari aktivitas guru selama pembelajaran dengan penerapan Strategi Questions Students Have diperoleh melalui lembar observasi, dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak selama proses pembelajaran dengan penerapan Strategi Questions Students Have diperoleh melalui lembar observasi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak hanya mencapai rata-rata persentase 55%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar siswa meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 62,9% atau keaktifan belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 62,9% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dari menjadi 82,9% atau keaktifan belajar siswa telah tergolong “Tinggi” karena 82,9% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 80%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Strategi Questions Students Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Irsyadunnas Pasir Pandak Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5654

Actions (login required)

View Item View Item