Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 MANDI ANGIN KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK

H. ABDULLAH (2013) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 MANDI ANGIN KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013976PAI.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode sosiodrama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Mandi Angin Kecamatan Minas Kabupaten S Untuk mengetahui apakah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 007 Mandi Angin Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 007 Mandi Angin Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Mandi Angin Kecamatan Minas Kabupaten Siak yang berjumlah 22 orang siswa. Di mana siswa yang berjenis kelamin laki-laki 8 orang dan yang berjenis kelamin perempuan 14 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan dan dokumentasi. Setelah data diperoleh dan dianalis maka dapat diketahui aktivitas belajar PAI siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Mandi Angin Kecamatan Minas Kabupaten Siak, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: 1) Sebelum dilakukan tindakan aktivitas belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Mandi Angin Kecamatan Minas Kabupaten Siak yaitu 30,68% dengan kategori kurang, 2) Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama aktivitas belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Mandi Angin Kecamatan Minas Kabupaten Siak dengan metode sosiodrama meningkat menjadi 51,14% dengan kategori cukup, dan 3) Setelah dilakukan tindakan pada siklus kedua aktivitas belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Mandi Angin Kecamatan Minas Kabupaten Siak meningkat menjadi 92,61%, dengan kategori amat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:53
Last Modified: 07 Sep 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5650

Actions (login required)

View Item View Item