PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM SERTA PEMANFAATANNYA UNTUK KEGIATAN EKONOMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI MURID KELAS IV MIM PULAU TENGAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Suryaningsih, (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM SERTA PEMANFAATANNYA UNTUK KEGIATAN EKONOMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI MURID KELAS IV MIM PULAU TENGAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011302.pdf

Download (936kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi murid dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini dapat dilihat kurangnya rasa ingin tahu murid tentang materi pelajaran yang dipelajari dan adanya sebahagian murid yang cepat bosan jika menghadapi soal yang sulit sehingga murid menunggu jawaban dari teman. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar murid kelas 1V MIM Pulau Tengah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek penelitian ini adalah murid kelas 1V tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah murid 16 orang sedangkan objek dari penelitian ini adalah “ Penerapan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi belajar murid”. Penelitian ini di laksanakan di MIM Pulau Tengah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar khususnya dikelas 1V tahun ajaran 2009-2010. Dapun waktu penelitian ini direncanakan bulan nopember 2009 sampai dengan januari 2010. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu : 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadinya peningkatan motivasi belajar murid, pada siklus pertama hanya memperoleh rata-rata persentase 62% dengan kategori “Sedang” karena berada pada rentang 56%-70%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rata-rata persentase 72% dengan kategori “tinggi” karena berada pada rentang 71%-85%. Dan pada siklus III meningkat lagi dengan rata-rata persentase 78% dengan kategori ”tinggi”. Karena berada pada rentang 71%-85%. Artinya keberhasilan murid telah mencapai 75%. Untuk iu, tidak perlu dilakukan siklus berikutnya, Karena sudah jelas motivasi belajar murid yang diperoleh. Keadaan diatas menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi murid dalam materi sumber daya alam serta pemanfaatanya untuk kegiatan ekonomi murid kelas 1V MIM Pulau Tengah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Jan 2016 02:47
Last Modified: 11 Jan 2016 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item