PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

DEWI MARLINA, (2013) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013968PAI.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas I Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dan faktorfaktor yang mempengaruhiya? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Kampar. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan análisis deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di di SMA Negeri I Kampar Kecamatan Kampar Timur tergolong baik dengan persentase keseluruhan mencapai 79.01%. Faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran tersebut adalah adanya kemampuan guru untuk menerapkan model pembelajaran tersebut, kesesuaian model pembelajaran untuk dilakukan pada jumlah siswa yang banyak, adanya antusias siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dan faktor penghambat yaitu ketidakhadiran siswa, adanya suasana pembelajaran yang tergolong ribut dan adanya siswa yang lemah dalam memberikan informasi kepada pasangan diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:53
Last Modified: 07 Sep 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5649

Actions (login required)

View Item View Item