PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ALMUSLIMUN KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN

ARIS RIADI, (2013) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ALMUSLIMUN KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013964PAI.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Ketercapaian tujuan pembelajaran juga dipengaruhi oleh pemilihan komponen media pembelajaran, salah satunya penggunaan media gambar. Penggunaan media tersebut dapat memudahkan siswa dalam memahami suatu materi pelajaran yang diajarkan. Namun hal tersebut belum sesuai dengan realita di Madrasah Tsanawiyah Al-Muslimun Bandar Seikijang, guru-guru dalam menyajikan materi pelajaran telah menggunakan media gambar, khususnya materi yang menuntut penggunaan media gambar, tetapi tidak demikian halnya dengan siswa yang terlihat kurang termotivasi untuk berpartsipasi aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media gambar oleh guru dalam proses belajar mengajar bidang studi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Muslimun Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penggunaan media gambar oleh guru dalam proses belajar mengajar bidang studi Fiqih serta Apa faktorfaktor yang mempengaruhi penggunaan media gambar oleh guru dalam proses belajar mengajar bidang studi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Muslimun Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru bidang studi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al- Muslimuan Kecamatan Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 2 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar oleh guru bidang studi Fiqih. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan análisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan media gambar dalam proses belajar mengajar bidang studi Fiqih tergolong cukup baik dan (2) Faktor yang mempengaruhinya adalah faktor kompetensi guru dalam mengunakan media gambar tersebut dan adanya faktor kpraktisan serta kesesuaian metode yang digunakan guru dengan media gambar yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:53
Last Modified: 07 Sep 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5645

Actions (login required)

View Item View Item