Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PELAKSANAAN TUGAS GURU SEBAGAI MOTIVATOR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 183 KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

NANI AKHIR RANI (2013) HUBUNGAN PELAKSANAAN TUGAS GURU SEBAGAI MOTIVATOR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 183 KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013955PAI.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul hubungan pelaksanaan tugas guru sebagai motivator dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 183 Kecamatan Tampan Pekanbaru. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, guru merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Hal ini memang wajar, sebab guru merupakan ujung tombak yang berhubungan langsung dengan siswa. Bagaimanapun hebatnya kemajuan teknologi, tugas guru akan tetap diperlukan. Salah satu tugas guru yang sangat berhubungan langsung dengan prestasi belajar siswa adalah tugas guru sebagai motivator. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi hubungan pelaksanaan tugas guru sebagai motivator dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 183 Kecamatan Tampan Pekanbaru. Data yang terkumpul dalam penelitian ini melalui angket dan dokumentasi, akan dianalisa dengan menggunakan rumus atau teknik korelasi product moment, karena variabel dalam penelitian ini berbentuk interval. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan tugas guru sebagai motivator dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 183 Kecamatan Tampan Pekanbaru. Secara kuantitatif melalui korelasi product moment di peroleh angka rxy = 0,285 yang lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5 % = 0,174 yang dapat digambarkan sebagai berikut : Pada taraf signifikan 5% = 0,174 < 0,285 Pada taraf signifikan 1 % = 0,228 > 0,285 Dengan demikian H diterima dan H ditolak, yang berarti ada korelasi yang signifikan antara pelaksanaan tugas guru sebagai motivator dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 183 Kecamatan Tampan Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5641

Actions (login required)

View Item View Item