FATONAH (2013) PELAKSANAAN KEGIATAN KEPRAMUKAAN UNTUK PENGEMBANGAN DIRI DI MADRASAH ALIYAH AR-RIDHO BATU PANJANG KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013952PAI.pdf Download (371kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan diri merupakan salah satu komponen penting dalam kurikulum yang berguna agar terbentuknya keyakinan, sikap, perasaan, dan citacita para peserta didik yang realistis. Apabila kegiatan pengembangan diri ini dapat terlaksana dengan baik di sebuah lembaga pendidikan maka dapat membantu proses berkembangnya potensi peserta didik secara optimal. Namun, berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di MA Ar-Ridho, dijumpai permasalahan dengan gejala-gejala yaitu masih ditemukan siswa yang belum berpakaian rapi sesuai dengan tata tertib sekolah, masih adanya siswa yang membuang sampah sembarangan dan masih ditemukannya siswa yang tidak mengikut upacara bendera serta beberapa siswa yang masih ditemukan datang terlambat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan kepramukaan untuk pengembangan diri di Madrasah Aliyah Ar-Ridho Batu Panjang kabupaten Bengkalis dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kegiatan kepramukaan untuk pengembangan diri tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan kegiatan kepramukaan untuk pengembangan diri di Madrasah Aliyah Ar-Ridho Batu Panjang kabupaten Bengkalis?. 2) Apakah faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kegiatan kepramukaan untuk pengembangan diri di Madrasah Aliyah Ar-Ridho Batu Panjang kabupaten Bengkalis?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian guru dan siswa di Madrasah Aliyah Ar-Ridho Batu Panjang, sedangkan objeknya adalah pelaksanaan kegiatan kepramukaan untukpengembangan diri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitaif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pelaksanaan kegiatan kepramukaan untuk pengembangan diri di Madrasah Aliyah Ar-Ridho Bengkalis tergolong baik. faktor pendukung kegiatan pelaksanaan kegiatan kepramukaan untukpengembangan diri tersebut adalah adanya dukungan para majelis guru, orang tuan dan masyarakat, minat siswa yang tertarik untuk mengikuti kegiatan kepramukaan dan keteladan yang baik yang dilaukan oleh dewan ambalan. Sedangkan faktor yang menghambat pelaksananaan kegiatan pengembangan diri tersebut adalah lemahnya kerjasama dari guru-guru, ketidak hadiran siswa (peserta pramuka), dan ketidak hadiran dewan ambalan dan lingkungan perkarangan sekolah tidak bisa di pakai pada musim hujan karena sering banjir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:52 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5639 |
Actions (login required)
View Item |