Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TYPE THE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMMATERI IMAN KEPADA MALAIKAT PADA SISWA KELAS IV SDN 019 TABING KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

NURHAPNI (2013) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TYPE THE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAMMATERI IMAN KEPADA MALAIKAT PADA SISWA KELAS IV SDN 019 TABING KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013945PAI.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 019 Tabing Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Iman Kepada Malaikat pada siswa kelas IV SDN 019 Tabing Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar dengan penerapan strategi active learning Type The Firing Line. Sebagai subjek dalam penelitian ini guru dan adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan strategi Active Learning The Type Firing Line untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan strategi active learning Type The Firing Line pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 9 (45,00%), pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 11 orang atau ketuntasan hanya mencapai 55,00%. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 77,00%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I dan siklus II, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus III ternyata ketuntasan siwa mencapai 18 orang siswa atau dengan persentase 90,00%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi active learning Type The Firing Line dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Iman Kepada Malaikat pada siswa kelas IV SDN 019 Tabing Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5637

Actions (login required)

View Item View Item