PENGARUH KEGIATAN SISWA MENGIKUTI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMAN 2 PEKANBARU

SRI WAHYU UTAMI, (2013) PENGARUH KEGIATAN SISWA MENGIKUTI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMAN 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013831PAI.pdf

Download (750kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan kegiatan siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi Learning Tournament terhadap motivasi belajar di SMAN 2 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah kegiatan siswa mengikuti strategi Learning Tournament terhadap motivasi belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Pekanbaru yang berjumlah 806 siswa dan mengambil sampel siswa kelas X 20% dari 250 siswa berjumlah 50 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Kegiatan siswa mengikuti strategi Learning Tournament) dan variabel Y (motivasi belajar). Metode analisis korelasi data yang dipergunakan dalam penelitian ini korelasi product Moment. Berdasarkan perhitungan di atas maka diketahui bahwa nilai ro (hitung) = 0.689 sedangkan rt (tabel) untuk n 50 pada α = 0.05 adalah 0.273, karena rhitung > rtabel atau 0.689 > 0.273, dengan demikian variabel X (Kegiatan siswa mengikuti strategi Learning Tournament) dan variabel Y (motivasi belajar) terdapat pengaruh. Maka ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan kegiatan siswa mengikuti strategi Learning Tournament dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar di SMAN 2 Pekanbaru "Ha diterima” dengan sendirinya “Ho ditolak”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5630

Actions (login required)

View Item View Item