PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH PEKANBARU

Silpia Juniarti Harahap, (2010) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011298.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Muhammadiyah Pekanbaru, sedangkan objeknya pengaruh kompetensi guru ilmu pengetahuan sosial terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 orang guru Ilmu Pengetahuan Sosial dan seluruh siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial yang berjumlah 160 orang dikarenakan populasi siswa terlalu banyak maka penulis mengadakan penarikan sampel sebesar 25% yang menjadi 64 orang siswa. Untuk mendapatkan data di lapangan, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Analisis Korelasi Serial Berdasarkan analisis data dapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru ilmu pengetahuan sosial terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Pekanbaru. Hal ini dapat di lihat dari angka korelasi serial yakni sebesar 0,358 angka ini lebih besar dari pada “ r” tabel pada taraf 5% yakni 0,250 dan pada taraf 1% yakni 0,325%, (0.250<0,358>0,325).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Jan 2016 02:45
Last Modified: 11 Jan 2016 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item