KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA SISWA PADA BIDANG STUDI QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH ( MTs ) DINIYAH PUTERI PEKANBARU

NAZMI SUSANTI, (2013) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA SISWA PADA BIDANG STUDI QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH ( MTs ) DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013747PAI.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Guru haruslah mempunyai kompetensi atau keterampilan untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul, agar proses pembelajaranberjalan dengan baik. Namun fenomena yang terjadi adalah keterampilan guru dalam mengelola siswa pada bidang studi Qur’an Hadits di MTs Diniyah Puteri Pekanbaru, yang kurang diaplikasikan. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut: Masih ada siswa bercerita dengan teman yang lain saat guru menjelaskan pelajaran, Masih ada siswa yang mengganggu teman yang lain pada saat guru menulis pelajaran dipapan tulis, Masih ada guru yang tidak memperhatikan tempat duduk siswa sebelum pelajaran dimulai dan ada guru yang kurang memperhatikan kegiatan siswa dalam kelas. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penelitian ini dapat diformasikan kedalam rumusan masalah bagaimana keterampilan guru dalam mengelola siswa pada bidang studi Qur’an Hadits di MTs Diniyah Puteri Pekanbaru? Maka adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan guru dalam mengelola siswa pada bidang studi Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru adalah sebagai berikut : Faktor guru dan Faktor siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah dua orang guru Qur’an Hadits yang mengajar di MTs Diniyah Puteri Pekabaru. Data ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif persentase. Setelah dianalisis terhadap data observasi diperoleh angka persentase jawaban “Ya” sebanyak 43 kali dengan persentase 59.72%, sedangkan jawaban “Tidak” sebanyak 29 kali dengan persentase 40.27%. hal ini menunjukan jawaban “Ya” merupakan jawaban yang tertinggi. Dengan demikian katerampilan guru dalam mengelola siswa di MTs Diniyah Puteri Pekanbaru dikategorikan “ Terampil”. Hal ini sesuai dengan standar yang penulis tetapkan 40%-65% dengan kategori “Cukup Terampil”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5625

Actions (login required)

View Item View Item