PENERAPAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK OLEH GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AL FAJAR PEKANBARUKECAMATAN PAYUNG SEKAKI

SALMI, (2013) PENERAPAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK OLEH GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AL FAJAR PEKANBARUKECAMATAN PAYUNG SEKAKI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013746PAI.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Al Fajar Pekanbaru Kecamatan Payung Sekaki yang bertujuan untuk mengetahui bagai mana kemampuan guru Aqidah Akhlak menerapkan pendidikan karakter di MTs Al Fajar tersebut dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Proses penerapan pendidikan karakter tersebut bertujuan untuk membentuk peserta didik dalam menerapkan karakter yang baik. Dengan demikian kemampuan guru atau pendidik sangat dituntut untuk dapat membentuk kepribadian peserta didik yang berkarakter melalui pembelajaran Aqidah Akhlak. Untuk mengetahui bagaimana upaya pendidik dalam menerapkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al Fajar Pekanbaru, maka dilakukan penelitian langsung dengan menggunakan teknik pengumpulan data dan observasi langsung dan melakukan wawancara kepada guru Aqidah Akhlak yang berjumlah satu orang. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut digunakan rumus: = % Setelah melakukan penelitian dan menganalisis data yang terkumpul, maka hasil penelitian ini adalah persentasinya 80.85% dengan Katagori Baik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru Aqidah Akhlak menerapkan pendidikan karakter di MTs Al Fajar tersebut adalah lingkungan siswa baik tempat tinggal maupun teman bergaul dan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5624

Actions (login required)

View Item View Item