PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA PELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA BIDANG STUDI AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA AL-MUHAJIRIN KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

MEGA PUSPITA, (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA PELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA BIDANG STUDI AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA AL-MUHAJIRIN KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013743PAI.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Guru dituntut untuk menguasai keterampilan dalam proses belajar mengajar, sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan maksimal. Dalam hal ini penulis hanya memfokuskan tentang keterampilan guru dalam membuka pelajaran. Dan tidak sampai di situ saja guru juga harus memperhatikan persepsi siswa agar keterampilan guru dalam membuka pelajaran dapat meningkatkan minat belajar pada siswa, karena pengertian dari keterampilan membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan di awal pembelajaran untuk menciptakan prakondisi siswa agar minat dan perhatiannya terpusat pada apa yang dipelajari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka pelajaran? (b) Bagaimana minat belajar siswa pada bidang studi Agama Islam?. Penelitian ini bersifat korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII MTsS Al-Muhajirin yang sampel siswanya berjumlah 30 orang. Sedangkan objeknya adalah persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka pelajaran dan minat belajar pada bidang studi Agama Islam di MTsS Al-Muhajirin. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara korelasi, yaitu menggunakan rumus korelasi product moment. Dalam upaya menganalisis data peneliti menggunakan SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa (a) persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka pelajaran tergolong “sedang” hal ini dapat dilihat pada hasil pengolahan angket dengan porsentase sebesar 76.66% dan (b) minat belajar pada bidang studi Agama Islam tergolong “sedang” dengan porsentase 66.66%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka pelajaran pada kategori sedang dan minat belajar pada bidang studi Agama Islam juga pada kategori sedang. Dari hasil pengolahan data menggunakan rumus product moment nilai korelasi 5% menyatakan rtabel 0,892 > 0.361 dan nilai korelasi 1 % 0.643. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam membuka pelajaran terhadap minat belajar pada bidang studi Agama Islam di MTsS Al-Muhajirin Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5622

Actions (login required)

View Item View Item