HUBUNGANAKTIVITAS MENGIKUTI KEGIATANMUSYAWARAHGURU MATAPELAJARAN DENGANKINERJA GURUBIDANG STUDI AGAMA DI MADRASAHALIYAH NEGERI 1PEKANBARU

SUSIYANTI, (2013) HUBUNGANAKTIVITAS MENGIKUTI KEGIATANMUSYAWARAHGURU MATAPELAJARAN DENGANKINERJA GURUBIDANG STUDI AGAMA DI MADRASAHALIYAH NEGERI 1PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013742PAI.pdf

Download (965kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan pada setiap guru agar menampilkan kinerja yang tinggi dalam proses belajar mengajar. Guru dikatakan memiliki kinerja yang tinggi apabila tujuan pembelajaran yang dicapai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Salah satu faktor yang bisa meningkatkan kinerja guru yakni dengan mengikuti kegiatan musyawarah guru mata pelajaran, yaitu wadah para guru bidang studi tertentu bermusyawarah, bertukar fikiran dan informasi sehingga menemukan alternatif pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan dalam rangka meningkatkan kinerja guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimana aktivitas guru dalam mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran? b) Bagaimana kinerja guru bidang studi agama di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru? Sampel penelitian adalah guru bidang studi agama yang berjumlah sembilan orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data kedua variabel yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan presentase untuk mengetahui aktivitas mengikuti kegiatan musyawarah guru mata pelajaran dan kinerja guru bidang studi agama. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kedua variabel, data dianalisis secara statistik melalui teknik korelasi product moment. Kemudian data diproses dengan menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil: 1) Aktivitas guru mengikuti musyawarah guru mata pelajaran tergolong tinggi dengan persentase 78,02%. 2) Kinerja guru bidang studi agama tergolong tinggi dengan persentase 78,84%. Adapun hasil analisis korelasi kedua variabel diperoleh rxy= 0,642. Dari hasil analisis korelasi tersebut dapat diketahui bahwa hubungan kedua variabel berada pada kategori sedang. Kesimpulan pengujian hipotesis rxy = 0,642>0,381 (5%) dan 0,487 (1%). Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5621

Actions (login required)

View Item View Item