MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING (GNT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN

SYARIFAH, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING (GNT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013739PAI.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

PenelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyahasilbelajarsiswapadaPendidi kan Agama Islam. Hal initerlihatdarigejala-gejalasebagaiberikut: 1) Adanya sebagian siswa,hasillatihannyamasihtergolongrendahbelummencapaikriteriaketuntasan minimum ( KKM) yang ditetapkansekolahyakni 60 % untuksetiapindividu. 2) Berdasarkanhasilulanganbelajarsiswa, hanya 14 orang yangmemperoleh nilai 56,Berdasarkanlatarbelakangmasalah yang telahdipaparkan, makadapatdirumuskanmasalahpenelitianiniyaituApakahhasilbelajarSiswadapat ditingkatkan melalui StrategiguidednotetakingpadamatapelajaranPendidikan Agama Islam Kelas IV SekolahDasarNegeri 006 Bandar SeikijangKabupatenPelalawan? SebagaiSubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas IVSDN 006 Bandar SeikijangKabupatenPelalawanterdiriatas 15 orang laki-lakidan 10 orang perempuan.Sedangkan yang menjadiobjekpenelitianiniadalahmeningkatkanhasilbelajarsiswa,melaluipenerapan strategi Guided Note Taking.Tahapan-tahapan yang dilaluidalampenelitiantindakankelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapantindakan, 2) Pelaksanaantindakan 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwahasil belajarsiswapada siklus I belummencapaiketuntasanklasikal 75 %. Dan ketuntasankelashanya 68%, kondisitersebutbelummencapaiindikatordalampenelitianini, Sedangkanpadasiklus II dengan 2 kali pertemuanternyatahasilbelajarsiswakelas IV SekolahDasarNegeri 006 Bandar SeikijangKabupatenPelalawanmeningkatdengannilaiketuntasanklasikalyang diperolehsiswayaitu 88% dengaketuntasanmencapai 88%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5619

Actions (login required)

View Item View Item