Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KETARAMPILAN GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs N KECAMATAN KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU

NURHAYANI (2013) PENGARUH KETARAMPILAN GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs N KECAMATAN KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013737PAI.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Penguatan adalah respon terhadap suatu perilaku yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali perilaku tersebut. Teknik pemberian penguatan dalam kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara verbal dan nonverbal. Ketrampilan pengauatan yang dilakukan guru dalam pembelajaran sangat membantu siswa untuk mencapi hasil belajar yang baik. Adapun yang menjadi batasan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh ketrampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar siswa di MTs N Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Data penelitian ini dikumpulkan selama 2 bulan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 109 siswa, karena banyaknya populasi maka penulis mengambil sampel 25% dari jumlah siswa dan jumlah persentase keseluruhan 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui ketrampilan guru dalam memberiberi penguatan, dokumentasi digunkaan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunkan nilai mid semester siswa pada mata pelajaran fiqih. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan persentase untuk mengatahui ketrampilan guru dalam memberi penguatan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara ketrampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar siswa, data dianalisa secara statistik melalui tekni korelasi Product Moment, yang dibantu dengan Software SPSS versi 19. Berdasarkan hasil analisa data, dapat diketahui bahwa ketrampilan guru dalam meberi penguatan berdasarkan hasil angket antara lain, sangat mampu sebesar 10%, mampu sebsar 76,67%, kurang mampu sebesar 13,33%. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih berdasarkan hasil nilai mid semester siswa antara lain, tinggi sebesar 6,67%, sedang sebesar 63,33% resndah sebesar 30%. Kemudaian diuji melalui SPSS versi 19 korelasi product moment, hasil nalisa data penelitian menunjukkan nilai koefesien korelasi sebesar 0,868 pada taraf sigifikan 5% dan 1% (0,361<0,868>0,463). Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif yang signifikan antara ketrampilan guru dalam memberi penguatan terhadap hasil belajar siswa di MTs N Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:51
Last Modified: 07 Sep 2016 09:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5617

Actions (login required)

View Item View Item