Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Padang Menurut Tinjau Fiqih Siyasah (Studi kasus Kelurahan Gunung Sarik)

Bayu Ariq Defrianda, - (2021) Implementasi Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Padang Menurut Tinjau Fiqih Siyasah (Studi kasus Kelurahan Gunung Sarik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bayu Ariq Defrianda (2021): Implementasi Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Padang Menurut Tinjau Fiqih Siyasah (Studi kasus Kelurahan Gunung Sarik) Sampah merupakan sebuah masalah yang harus sangat diperhatikan. Dalam menghadapi permasalahan tersebut pemerintah Kota Padang mengeluarkan Peraturan Daerah No 21 tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah, dibentuknya perda ini guna mengatur bagaimana cara pengelolaan sampah yang baik dan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di Kota Padang khususnya di Kelurahan Gunung Sarik. Dari sedikit uraian diatas, ada beberapa permasalahan yang memerlukan pembahasan lebih lanjut, yaitu bagaimana implementasi peraturan daerah Kota Padang No 21 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Kelurahan Gunung Sarik, kemudian apa saja faktor penghambat dalam penerapan peraturan daerah Kota Padang Nomor 21 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Kelurahan Gunung Sarik dan juga bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap pelaksanaan peraturan daerah Kota Padang No 21 tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Kelurahan Gunung Sarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan peraturan daerah Kota Padang Nomor 21 tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah di Kelurahan Gunung Sarik dan juga untuk mengetahui pandangan fiqih siyasah terhadap pelaksanaan peraturan daerah tersebut. Hasil penelitian ini menyimpulkan pelaksanaan peraturan daerah Pengelolaan Sampah di Kelurahan Gunung Sarik belum berjalan dengan efektif masih adanya pengelolaan sampah tidak sesuai dengan jenisnya dan masih adanya pembuangan sampah sembarangan. Kemudian faktor penghambat dalam pelaksanaan Perda ini adalah kurang nya sosialisasi yang dilaksanakan dan tidak memadainya sarana dan prasarana dalam pengelolaan sampah, juga kurang nya kesadaran masyarakat akan pengelolaan sampah yang telah diatur sesuai peraturan yang berlaku. Dalam tinjauan fiqih siyasah Peraturan Daerah Kota Padang No 21 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah ini sudah sesuai dengan syariat Islam, namun dalam pelaksanaannya masih ada beberapa yang tidak berjalan dengan baik. Kata kunci: Pengelolaan Sampah, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:28
Last Modified: 13 Jan 2022 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56146

Actions (login required)

View Item View Item