Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH SALO DESA SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

AZRIANTO (2013) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH SALO DESA SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013713PAI.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan model pembelajaran tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Salo Kelurahan Salo Kecamatan Salo Baru Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Salo. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Sedangakan teknik analisis data menggunakan análisis deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemering dalam pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Salo tergolong baik dengan persentase keseluruhan mencapai 89,21%. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksananaan pembelajaran tersebut adalah kemampuan guru untuk menerapkan model pembelajaran, kecendrungan siswa yang terlihat menyenangi model pembelajaran tersebut, media pembelajaran yang sangat mudah untuk didapatkan, jumlah siswa tidak lebih dari 20 orang perkelasnya dan adanya suasana belajar yang demokratis yang membebaskan siswa untuk bertanya maupun mengeluarkan pendapatnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:51
Last Modified: 07 Sep 2016 09:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5614

Actions (login required)

View Item View Item