Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDY (HAZOP) DAN ANALISIS BOW TIE UNTUK MENGANALISIS RISIKO K3 (Studi Kasus : CV Bengkel Bubut dan Las Marewa)

Syahrul Gunawan, - (2021) PENERAPAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDY (HAZOP) DAN ANALISIS BOW TIE UNTUK MENGANALISIS RISIKO K3 (Studi Kasus : CV Bengkel Bubut dan Las Marewa). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (bab IV dan bab V).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File hasil penelitian (bab IV dan bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENERAPAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDY (HAZOP) DAN ANALISIS BOW TIE UNTUK MENGANALISIS RISIKO K3 (Studi Kasus : CV Bengkel Bubut dan Las Marewa) Ismu Kusumanto1, Syahrul Gunawan2 1,2Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No. 155 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru, 28293 Email: Syahrulg262@gmail.com ABSTRAK Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan suasana bekerja yang aman, nyaman. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi risiko kesehatan dan keselamatan kerja (K3) untuk meminimalisir potensi kecelakaan kerja. Penelitian ini dilaksanakan pada CV Bengkel Bubut dan Las Marewa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan metode Hazard And Operability Study (HAZOP) dan Analisis Bow Tie. Identifikasi bahaya dengan metode HAZOP dilakukan berdasarkan proses identifikasi bahaya dan penilaian risiko pada masing-masing titik kajian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat risiko rendah, tinggi dan ekstrim. Sedangakan identifikasi bahaya menggunakan metode Bow Tie dilakukan penyebaran kuesioner penilaian risiko pada masing masing mesin dan peralatan yang digunakan, sehingga dapat diperoleh hasil kuesioner yang berguna untuk membuat diagram kupu-kupu yang berguana untuk mengidentifikasi risiko kecelkaan kerja. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pembagian kuesioner kepada karyawan. Hasil dari penelitian ini menemukan beberapa risiko dengan tingkat risiko pada metode HAZOP terdapat tiga kategori berupa low (rendah), hight (tinggi) dan Extreme (bahaya). Pada kategori low terdapat satu sumber bahaya yaitu pada meteran. Untuk kategori hight terdapat enam mesin sumber bahaya berasal dari mesin gerinda duduk, gerinda tangan, las listrik, las asitilin, mesin drill, mesin frais dan mesin press. Untuk kategori extreme terdapat satu sumber bahaya yaitu mesin bubut. dengan masing masing sumber bahaya berupa peralatan atau material itu sendiri. Sedangkan dengan metode Bow Tie terdapat 2 variabel dengan tingkat risiko Significant (S), yaitu variable risiko kulit terkelupas dan mata sakit akibat cahaya las, dan jari putus dan luka akibat mesin bubut. Kata kunci: Risiko, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (k3), Hazard And Operability Study (HAZOP) Bow Tie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:30
Last Modified: 02 Dec 2021 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56139

Actions (login required)

View Item View Item