Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI USABILITY PADA SISTEM INFORMASI KULIAH KERJA NYATA (KKN) UIN SUSKA RIAU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION

BOBBI SAPUTRA, BOBBI (2021) EVALUASI USABILITY PADA SISTEM INFORMASI KULIAH KERJA NYATA (KKN) UIN SUSKA RIAU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KKN merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dalam waktu tertentu. Untuk mempermudah pelaksanaan KKN, UIN Suska Riau telah menerapkan sistem informasi yang dikelola oleh LPPM. Sistem informasi KKN sangat penting untuk menunjang kegiatan perkuliahan karena digunakan oleh unsur-unsur tertentu dari Universitas, seperti mahasiswa dan dosen. Sistem informasi KKN belum pernah dievaluasi yang berhubungan dengan usability. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi usability sistem informasi KKN dan membuat rekomendasi perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode Heuristic Evaluation dengan 10 variabel dan jumlah responden yang ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 100 orang. Sistem Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Dari hasil evaluasi usability 6 variabel mendapat kualifikasi kurang baik diantaranya, user control and freedom, prevention Error System, recognition rather than recall, diagnose and recover Froom Error, aesthetic and minimalist design, dan help and documentation. Sedangkan 4 variabel lagi mendapat kualifikasi baik yaitu: visibility of system status, match between system and real world, consistency and standars, flexibility and efficiency of use. Dari permasalahan usability yang ada, hal ini harus dilakukan perbaikan sesuai dengan solusi dan dapat digunakan sebagai referensi bagi tim pengembang dalam meningkatkan usability sistem informasi KKN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:59
Last Modified: 29 Nov 2021 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56120

Actions (login required)

View Item View Item