Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Persepsi Masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi Tentang Dampak Media Sosial Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Di Tinjau Menurut Hukum Islam.

RISVI JULIANI, - (2021) Persepsi Masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi Tentang Dampak Media Sosial Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Di Tinjau Menurut Hukum Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Risvi Juliani (2021): Persepsi Masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi Tentang Dampak Media Sosial Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Di Tinjau Menurut Hukum Islam. Penelitian skripsi ini di latar belakangi oleh pasangan suami istri yang menggunakan media sosial di kehidupan rumah tangga. Pada saat ini media sosial telah menjadi tulang punggung komunikasi era modrn dan termasuklah bagi komunikasi kehidupan rumah tangga. Media sosial mampu menjadi penunjang keharmonisan rumah tangga Karena dapat mengabadikan setiap momen yang dilakukan secara bersama dan bahkan media sosial juga dapat menjadi sarana pelepas rindu antara pasangan suami isteri yang menjalani hubungan jarak jauh. Akan tetapi media sosial juga dapat menimbulkan dampak negatifnya bagi keharmonisan rumah tangga seperti berkurangnya waktu bersama pasangan Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni bagaimana persepsi masyarakat desa kampung baru kecamatan cerenti tentang dampak media sosial terhadap keharmonisan rumah tangga. Dan bagaimana Tinjauan hukum islam tentang dampak media sosial terhadap keharmonisan rumah tangga. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (fild research) yang berlokasi di Desa Kampung Baru Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek Mpenelitian ini adalah pasangan suami istri yang menggunakan media sosial. sedangkan objek penelitian ini adalah persepsi masyarakat Desa Kampung Baru. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Kampung Baru. Kemudian sebagai sampelnya penulis mengambil sampel seluruhnya dari jumlah populasi dengan menggunkan teknik Total Sampling yang berjumlah 20 pasang suami istri. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan ialah dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Sedangkan analisis yang digunakan untuk menyusun skripsi ini ialah dengan cara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa: pertama, persepsi masyarakat tersebut tentang media sosial yaitu sangat memberikan dampak yang positif di kehidupan rumah tangga dan bahkan dapat menjadi sarana penunjang keharmonisan dirumah tangga. Kedua, Ketika media sosial mampu mendatangkan kebaikan dalam meningkatkan keharmonisan rumah tangga maka media sosial boleh dan bahkan dianjurkan untuk digunakan. Begitupun sebaliknya. Ketika media sosial dianggap sebagai sesuatu yang mendatangkan kemudorthan maka perilaku yang sebaiknya kita ambil adalah untk menolak atau meninggalkan media sosial tersebut yang tidak bermanfaat bagi kehidupan rumah tangga. Kata kunci : Media sosial, Hukum Keluarga Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Nov 2021 01:26
Last Modified: 30 Nov 2021 01:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56119

Actions (login required)

View Item View Item