Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Pekerja Sosial Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kecamatan Pangakalan Kuras Kabupaten Pelalawan

Farah Mitha Lismarani, - (2021) Peran Pekerja Sosial Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kecamatan Pangakalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FARAHMITHA LISMARNI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Pekerja Sosial Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT) ini sangat penting dalam keberlangsungan program Pemerintah . Oleh karena itu penelitian ini di latar belakangi adanya persoalan yakni kurangnya koordinasi antara masyarakat dengan aparat setempat dan belum efektifnya penyaluran Program Bantuan Pangan Non Tunai. Maka dari itu penulis ingin meneliti persoalan lebih lanjut dengan rumusan masalah bagaimana peran Pekerja Sosial Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai di Kecamatan Pangakalan Kuras Kabupaten Pelalawan ini. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran dari Pekerja Sosial Masyarakat pada Program Pemerintah yakni Bantuan Pangan Non Tunai tersebut. Adapun peran dari Pekerja Sosial Masyarakat tersebut sebagai pertama fasilitator yaitu melakukan pendampingan dalam proses penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai dan memfasilitasi antara Pekerja Sosial Masyarakat dengan Pemerintah yakni Dinas Sosial,kedua PSM sebagai mediator melakukan sosialisasi pada program pemerintah yakni BPNT ketiga, PSM sebagai administrator melakukukan verifikasi dan validasi data Keluarga Penerima Manfaat.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan informan berjumlah 8 (delapan) orang. Data dikumpulkan dengan oberservasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data,reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk mengukur keabsahan data dilakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pekerja Sosial Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT) sudah menjalankan peran nya sebagai Pekerja Sosial Masyarakat dengan sebagaimana mestinya. Dan pihak Pemerintah yakni Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan merasa sangat terbantu dengan adanya Pekerja Sosial Masyarakat dalam program BPNT ini. Kata kunci: Peran Pekerja Sosial Masyarakat dan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:30
Last Modified: 29 Nov 2021 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56118

Actions (login required)

View Item View Item