Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS VIII MTs N 2 KUANTAN SINGINGI

NURMAYA SARI, - (2021) PENERAPAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS VIII MTs N 2 KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BABIV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURMAYA SARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurmaya Sari, (2021): Penerapan Pendekatan Blended Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Di Kelas VIII MTs N 2 Kuantan Singingi Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan blended learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem ekskresi pada manusia di kelas VIII MTs N 2 Kuantan Singigi serta untuk mengetahui respon belajar siswa setelah mengikuti blended learning. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design pada siswa kelas VIII MTs N 2 Kuantan Singingi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik claster random sampling yaitu teknik sampling dimana seorang peneliti membagi populasi atau kelas menjadi beberapa kelompok terpisah yang disebut sebagai claster. Teknik pengumpulan data berupa memberikan soal pretest sebelum memulai pembelajaran dan soal posttest di akhir pertemuan berjumlah 30 soal objektif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa:. Terdapat pengaruh penerapan pendekatan blended learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik, hal ini berdasarkan nilai rata-rata pretest peserta didik yaitu 51,55 yang tergolong kategori rendah sebelum memulai pembelajaran. Selanjutnya diperoleh hasil posttest peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan nilai rata-rata yaitu 89,47 yang termasuk dalam kategori tinggi, selain itu nilai N-Gain diperoleh rata-rata yaitu 0,75 yang juga termasuk kategori tinggi. Selanjutnya hasil respon belajar peserta didik setelah mengikuti pendekatan blended learning diperoleh rata-rata yaitu 84,40 termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan blended learning terhadap keterampilan proses sains pada materi sistem ekskresi pada manusia di kelas VIII MTs N 2 Kuantan Singingi Tahun pelajaran 2020/2021 dan terdapat respon belajar yang baik melalui penerapan blended learning. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Blended Learning, Sistem Ekskresi Pada Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:12
Last Modified: 29 Nov 2021 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56116

Actions (login required)

View Item View Item