Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGAWASAN (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara IV Sosa, Kabupaten Padang Lawas, Sumatra Utara

Nur Anita Nasution, - (2021) ANALISIS ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGAWASAN (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara IV Sosa, Kabupaten Padang Lawas, Sumatra Utara. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Perkebunan Nusantara IV Sosa Kab. Padang Lawas yang bergerak dibidang perkebunan sawit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah anggaran biaya produksi telah berperan sebagai alat perencanaan dan pengawasan sesuai dengan fungsinya. Dalam melakukan penelitian ini digunakan Metode Deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan daftar pertanyaan atau wawancara langsung dengan assistant kepala bagian tata usaha perusahaan mengenai kegiatan perusahaan dan pelaksanaan anggaran pada perusahaan tersebut. Dalam penelitian perusahaan tersebut masih ditemukan permasalahan yaitu adanya masalah dalam proses penyusunan anggaran yang beruhubungan dengan fungsi anggaran sebagai alat perencanaan dan tindak lanjut dari laporan anggaran dalam hubungannya dengan fungsi anggaran sebagai alat pengawasan. Dimana masih terdapat selisih atau variance negative pada beberapa biaya anggaran yang ada dalam perusahaan dan kemudian dalam proses pelaporan anggaran dan realisasi perusahaan belum membuat adanya pemisah antara biaya yang terkendali dengan biaya yang tidak terkendali. Setelah melakukan penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. Perkebunan Nusantara IV Sosa telah menggunakan anggaran biaya produksi sebagai alat perencanaan dan pengawasan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Namun penerapan anggaran biaya produksi belum dapat memenuhi sasaran yang diinginkan perusahaan dikarenakan masih terdapat beberapa penyimpangan. Kata Kunci : Realisasi Anggaran, Biaya Produksi, Alat Perencanaan, Alat Pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:07
Last Modified: 03 Dec 2021 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56110

Actions (login required)

View Item View Item