Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

RAHMADANNI POHAN (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013706PAI.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 286 orang. Dari jumlah populasi yang diambil menjadi sampel adalah sebesar 15 % melalui teknik stratified sampling dengan jumlah sampel 42 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem pembelajaran moving class sebagai variabel bebas (X) serta motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih data dianalisis secara statistik melalui teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem pembelajaran moving class memberikan kontribusi yang positif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,445 pada taraf signifikan 1% yaitu 0,445 > 0,393 (1%) dan 0,304 < 0,445 (5%). Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru lebih meningkatkan sistem pembelajaran moving class untuk dapat memotivasi siswa dalam belajar secara optimal. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Sistem Pembelajaran Moving Class

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:51
Last Modified: 07 Sep 2016 09:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item