RAHMADANNI POHAN (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG SISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013706PAI.pdf Download (835kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 286 orang. Dari jumlah populasi yang diambil menjadi sampel adalah sebesar 15 % melalui teknik stratified sampling dengan jumlah sampel 42 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem pembelajaran moving class sebagai variabel bebas (X) serta motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih data dianalisis secara statistik melalui teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem pembelajaran moving class memberikan kontribusi yang positif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,445 pada taraf signifikan 1% yaitu 0,445 > 0,393 (1%) dan 0,304 < 0,445 (5%). Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru lebih meningkatkan sistem pembelajaran moving class untuk dapat memotivasi siswa dalam belajar secara optimal. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Sistem Pembelajaran Moving Class
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:51 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5611 |
Actions (login required)
View Item |