MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHALAT FARDHU MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN ACTING OUT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID KELAS III SDN 003 SUBARAK KECAMATAN GUNUNG SAHILAN KABUPATEN KAMPAR

HAMDANIS, (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHALAT FARDHU MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN ACTING OUT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID KELAS III SDN 003 SUBARAK KECAMATAN GUNUNG SAHILAN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013701PAI.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan shalat fardhu murid kelas III SDN 003 Subarak Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan Teknik Pembelajaran Acting Out dapat meningkatkan keterampilan shalat fardhu murid kelas III SDN 003 Subarak Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas III SDN 003 Subarak Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar, tahun pelajaran 2012 – 2013 dengan jumlah murid sebanyak 16 orang murid. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan Shalat Fardhu dengan Teknik Pembelajaran Acting Out pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam murid kelas III SDN 003 Subarak Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik unjuk kerja (tes keterampilan). Berhasilnya penerapan Teknik Pembelajaran Acting Out pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui adanya peningkatan keterampilan Shalat Fardhu Murid dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada sebelum tindakan keterampilan shalat fardhu Murid hanya mencapai rata-rata persentase 55%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keterampilan shalat fardhu Murid meningkat yaitu pada siklus pertama dengan mencapai 62% atau keterampilan shalat fardhu Murid tergolong “Cukup Baik” karena 62% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 74% atau keterampilan shalat fardhu Murid tergolong “Cukup Baik” karena 74% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 83% atau keterampilan shalat fardhu Murid telah tergolong “Baik” karena 83% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan Murid telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%.Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan Teknik Pembelajaran Acting Out yang tepat, dapat meningkatkan keterampilan shalat fardhu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam murid kelas III SDN 003 Subarak Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:51
Last Modified: 07 Sep 2016 09:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5610

Actions (login required)

View Item View Item