Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PROGRAM DANA BOS DI KECAMATAN SENAPELAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 6 TAHUN 2021 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (Studi kasus: SDN 3 dan SDN 2 Pekanbaru)

PUJA WILANDA, - (2021) PELAKSANAAN PROGRAM DANA BOS DI KECAMATAN SENAPELAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 6 TAHUN 2021 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (Studi kasus: SDN 3 dan SDN 2 Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Puja Wilanda, (2021) : Pelaksanaan Program Dana BOS Di Kecamatan Senapelan Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus SDN 3 dan SDN 2 Pekanbaru) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program dana BOS di SDN 3 dan SDN 2 Pekanbaru, dimana dalam pelaksanaan program tersebut terdapat masalah seperti masih adanya pungutan yang dilakukan oleh sekolah. Pokok masalah yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan program dana BOS di SDN 3 dan SDN 2 Pekanbaru dan apakah penyaluran dana tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Jumlah populasi dalam penelitian ini ada 13 sekolah sedangkan sampel yang dipilih ada 2 sekolah yaitu SDN 3 dan SDN 2 Pekanbaru. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program dana BOS di SDN 3 dan SDN 2 Pekanbaru pada tahun 2017 diketahui adanya pungutan yang dilakukan oleh sekolah untuk melakukan perbaikan sekolah dan pada saat kenaikan kelas murid diminta untuk membeli buku pelajaran dan tempat sanitasi yang kurang memadai. Sedangkan untuk penyaluran dana BOS tersebut, diketahui bahwa dana yang disalurkan tidak diawal waktu sehingga pihak sekolah harus bisa mengatur dana yang ada untuk keperluan sampai dana disalurkan di tahap selanjutnya. Berdasarkan data yang didapat dari penelitian yang penulis lakukan di sekolah tersebut diketahui pelaksanaan program dana BOS di SDN 3 dan SDN belum sepenuhnya sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 6 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:22
Last Modified: 29 Nov 2021 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56096

Actions (login required)

View Item View Item