UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SDN 006 SUNGAI TONANG KECAMATAN KAMPAR UTARA

H A P I Z A H, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SDN 006 SUNGAI TONANG KECAMATAN KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013668PAI.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV SDN 006 Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2011 – 2012 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar dan penerapan model pembelajaran card sort. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini adalah kelas IV SDN 006 Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara. Adapun waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2012. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan model pembelajaran card sort pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II ke siklus III. Pada sebelum tindakan, hasil belajar siswa hanya mencapai 60,37% dengan kategori sedang. Pada siklus I, hasil belajar siswa telah mencapai 69,62% pada siklus II, hasil belajar siswa cukup memuaskan dengan persentase 74.44%. Pada siklus III, hasil belajar siswa meningkat dengan persentase 79,62%. Keadaan ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan model pembelajaran card sort dapat dikatakan berhasil, dengan ketuntasan klasikal mencapai 92.59%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:51
Last Modified: 07 Sep 2016 09:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item View Item