PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 5 SD NEGERI 35 PETANI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

ISKANDAR MUDA, (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 5 SD NEGERI 35 PETANI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013632PAI.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan di SD Negeri 35 Desa Petani Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Rumusan masalah yaitu Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas 5 SD Negeri 35 Petani Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis?. Objek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 35 Desa Petani Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis kelas V dengan jumlah 22 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Data yang diperoleh dari hasil observasi/ pengamatan kegiatan siswa selama melakukan kegiatan yang dianalisis dengan teknik persentase. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil perhitungan Hasil aktivitas guru selama kegiatan pembelajaran pada siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan, pada siklus I pertemuan pertama jumlah aktivitas guru 18 atau 36% pada kategori kurang, pertemuan kedua jumlah 27 atau 54% pada kategori cukup. Sedangkan siklus II pertemuan pertama jumlah aktivitas guru 37 atau 74% pada kategori baik, pertemuan kedua 48 atau 96% pada kategori baik sekali. Hasil aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran pada siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan, pada siklus I pertemuan pertama jumlah aktivitas siswa 82 atau 37,27% pada kategori kurang, pertemuan kedua jumlah 112 atau 51% pada kategori cukup. Sedangkan siklus II pertemuan pertama jumlah aktivitas siswa 143 atau 65% pada kategori baik, pertemuan kedua 205 atau 93,18% pada kategori baik sekali. Hasil ulangan pada siklus I yang tuntas 59,09% dan yang tidak tuntas 40,91% dan siklus II yang tuntas 95,45% dan yang tidak tuntas 4,55%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:51
Last Modified: 07 Sep 2016 09:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5607

Actions (login required)

View Item View Item