Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DI SDN 012 KUALA TERUSAN PANGKALAN KERINCI

WIRDANIATI, - (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DI SDN 012 KUALA TERUSAN PANGKALAN KERINCI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIRDANIATI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wirdaniati, (2021): Pengembangan Buku Ajar Berbasis Guided Discovery Learning Pada Energi Panas dan Bunyi Menggunakan Aplikasi Canva di Kelas IV Sekolah Dasar 012 Kuala Terusan Pangkalan Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevaliditasan dan kepraktikalitasan buku ajar pada materi energi panas dan bunyi dengan menggunakan aplikasi canva di SDN 012 Kuala Terusan Pangkalan Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menggunakan model pengembangan 4D. Subjek penelitian adalah 6 peserta didik SDN 012 Kuala Terusan Pangkalan Kerinci dan objek penelitian ini adalah buku ajar pada pokok bahasan energi panas dan bunyi dengan menggunakan aplikasi canva. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa panduan wawancara, lembar validasi, dan angket. Lembar validasi diberikan kepada ahli media dan ahli materi untuk menguji kevalidan buku ajar pada materi energi panas dan bunyi dengan menggunakan aplikasi canva, angket diberikan kepada guru dan peserta didik untuk mengetahui tingkat praktikalitas buku ajar pada materi energy panas dan bunyi dengan menggunakan aplikasi canva yang dikembangkan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa buku ajar pada materi energi panas dan bunyi dengan menggunakan aplikasi canva kelas IV SDN 012 Kuala Terusan Pangkalan Kerinci khusus produk akhir yang dihasilkan telah memenuhi kategori valid dengan skor rata-rata dari penilaian ahli media 90% dan skor rata-rata dari ahli materi 90.66% dengan kategori sangat valid dan sudah layak diujicobakan. Kemudian hasil kepraktisan guru dan peserta didik terhadap buku ajar pada materi energi panas dan bunyi dengan menggunakan aplikasi canva di peroleh hasil berturut-turut dengan persentase 95.71% dan 93.33% dalam kategori sangat valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku ajar pada materi energi panas dan bunyi dengan menggunakan aplikasi canva sangat valid sehingga buku ajar pada materi energi panas dan bunyi layak digunakan. Kata Kunci : Buku Ajar, Guided Discovery Learning, Aplikasi Canva, Energi Panas dan Bunyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:56
Last Modified: 24 Nov 2021 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56057

Actions (login required)

View Item View Item