PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI NAMA-NAMA MALAIKAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK EMPAT SUDUT PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

ZALMIATI, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI NAMA-NAMA MALAIKAT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK EMPAT SUDUT PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013627PAI.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 011 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui Strategi pembelajaran kooperatif dengan teknik empat sudut pada siswa kelas IV SDN 011 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar? Sebagai subjek dalam penelitian in adalah siswa kelas IV SDN 011 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 20 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan teknik empat sudut untuk meningkatkan hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penerapan Strategi pembelajaran kooperatif dengan teknik empat sudut pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 10 orang (50,00) siswa yang tuntas, sedangkan 10 orang siswa (50,00%) belum tuntas. Setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 13 orang (65,00%) siswa yang tuntas. Sedangkan 7 orang siswa (35,00%) belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 85,00% atau sekitar 17 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:51
Last Modified: 07 Sep 2016 09:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5605

Actions (login required)

View Item View Item