MAKMUR (2013) PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI KISAH NABI MUSA AS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013620PAI.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun gelaja-gejala yang peneliti temui di lapangan adalah 1) Sebahagian siswa tidak dapat menceritakan kisah nabi Musa As. 2) Berdasarkan hasil tes belajar siswa, nilai rata-rata siswa hanya 56 % sedangkan indikator keberhasilan adalah 70 %. 3) Siswa tidak bisa menyelesaikan soal ulangan sehingga banyak siswa yang tidak mencapai KKM, dimana KKM ditetapkan 65%. 4) Sebahagian siswa tidak bisa menyelesaikan soal ujian dengan baik, nilai rata-rata siswa hanya 60%, padahal KKM ditetapkan ≥ 65%. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana penerapan Strategi Learning Starts With A Question untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Materi kisah Nabi Musa As pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V Sekolah Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batubelah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar? Sebagai Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas V Sekolah Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batubelah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2011 / 2012, terdiri atas 16 orang siswa. 5 orang laki-laki dan 11 0rang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah (1) variabel meningkatkan hasil belajar siswa, (2) variabel penerapan strategi Learning Starts With A Question. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Hasil belajar pada siklus I telah mencapai nilai rata-rata 67,5 %. kondisi tersebut belum mencapai indicator dalam penelitian ini dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 77,5% ketuntasan kelas mencapai 81%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 09:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5602 |
Actions (login required)
View Item |