Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI BARIS-BARIS KOSONG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURATSURAT PENDEK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V.C SEKOLAH DASAR NEGERI 003 SUNGAI RAYA KECAMATAN MERAL KABUPATEN KARIMUN KEPULAUAN RIAU

NURAFIDAH (2013) PENERAPAN STRATEGI BARIS-BARIS KOSONG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURATSURAT PENDEK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V.C SEKOLAH DASAR NEGERI 003 SUNGAI RAYA KECAMATAN MERAL KABUPATEN KARIMUN KEPULAUAN RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013619PAI.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di SD Negeri 003 Sungai Raya Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau terdapat gejala-gejala dan fenomena-fenomena dalam proses belajar mengajar yaitu rendahnya kemampuan menghafal surah-surah pendek untuk meningkatkan kemampuan menghafal tersebut maka diterapkan Strategi Baris-Baris Kosong, penelitian ini dilakukan 2 siklus dan tiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Dalam pembahasan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). PTK adalah kegiatan penelitian yang berupaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar melalui suatu tindakan berbentuk siklus berdasarkan pencermatan guru yang mendalam terhadap permasalahan yang terjadi dan berkeyakinan akan mendapatkan solusi terbaik bagi siswa di lingkungan kelasnya sendiri. Siklus I, siswa yang belum tuntas atau belum mencapai KKM sebesar 26.32% sedangkan siswa yang telah tuntas belajarnya 73.68%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75.05%. Berdasarkan hasil tes tersebut maka pada siklus I ini keberhasilan penelitian belum tercapai karena siswa yang sudah mencapai taraf ketuntasan minimal yang ditetapkan ≤ 75%. Siklus II, siswa sudah mencapai ketuntasan belajar 100%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai 86.00%. Hal ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam dengan mengunakan strategi baris-baris kosong sudah berhasil karena tingkat ketuntasan minimal perolehan siswa adalah ≥ 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:50
Last Modified: 07 Sep 2016 09:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5601

Actions (login required)

View Item View Item