PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG MATERI KISAH NABI/RASUL MELALUI PEMBERIAN REINFORCEMEN KELAS V SDN 040 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYAKABUPATEN KAMPAR

Nurhayati, (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG MATERI KISAH NABI/RASUL MELALUI PEMBERIAN REINFORCEMEN KELAS V SDN 040 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYAKABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011308.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada murid kelas Kelas V SDN040 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar yaitu rendahnya motivasi belajar Pendidikan Agama Islam murid khusus pada materi kisah Nabi/Rasul, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian melalui Pemberian Reimforcemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemberian Reimforcemen. dalam Peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Murid Kelas V SDN040 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Penelitian ini dilaksanakan di SDN 040 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya, Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi motivasi belajar murid selama pembelajaran berlangsung dengan pemberian Reimforcemen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan motivasi belajar murid mencapai 52,30% dengan tingkatan klasifikasi “Cukup Tinggi” pada siklus ke II dilakukan perbaikan pembelajaran dalam Keterampilan Reimforcemen dan menunjukkan peningkatan motivasi belajar murid mencapai 73,84% dan telah berada pada tingkatan klasifikasi “Tinggi”. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi ” Penerapan pemberian Reinforecemen dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam dapat meningkatkan motivasi belajar murid Kelas V SDN040 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya dapat “Diterima” artinya apabila diterapkan pemberian Reimforcemen secara benar dan sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan maka dapat meningkatkan motivasi belajar murid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:15
Last Modified: 21 Dec 2015 06:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item