Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Keyakinan Hari Akhir Pada Siswa Kelas VI B Sekolah Dasar 006 Meral Kecamatan meral kabupaten karimun kepulauan Riau

Suparmi (2013) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Keyakinan Hari Akhir Pada Siswa Kelas VI B Sekolah Dasar 006 Meral Kecamatan meral kabupaten karimun kepulauan Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013617PAI.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan penelitian di Sekolah Dasar 006 Meral Kecamatan Meral Kota Kabupaten Karimun Kepulauan Riau terdapat gejalagejala dan fenomena – fenomena dalam proses dalam proses belajar-mengajar yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa, nilai rata-rata sebagian siswa hanya 58% dari criteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu 67%. Sulitnya siswa memahami iman kepada hari akhir ini terlihat sebagian siswa dari 17 orang siswa. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah terutama pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut maka diterapkan strategi kooperatif model jigsaw Sedangkan yang menjadi hipotensi tindakan yaitu dengan penerapan strategi kooperatif model jigsaw, maka hasil belajar iman kepada hari akhir pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Siswa kelas VI B Sekolah Dasar 006 Meral Kecamatan Meral Kota Kabupaten Karimun Kepulauan Riau. Penelitian ini dilakukan II siklus dan tiap siklus dilakukan dalam II kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar dalam memahami iman kepada hari akhir dapat dilihat dari data awal ke siklus I dan siklus II. Pada data awal hasil belajar siswa tergolong rendah dengan rata-rata persentase 58%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata persentase 63%, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 79 % hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan strategi kooperatif model jigsaw dapat meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran agama islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:50
Last Modified: 07 Sep 2016 09:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5599

Actions (login required)

View Item View Item