Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Fungsi Komunikasi Internal Dan Eksternal Dalam Melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat Oleh Pemerintahan Desa Air Molek II Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu

Anggella Safitri, - (2021) Fungsi Komunikasi Internal Dan Eksternal Dalam Melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat Oleh Pemerintahan Desa Air Molek II Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANGGELA SAFITRI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pemerintahan desa sangat penting di era globalilasasi saat ini. Terlebih lagi dengan adanya pemberdayaan masyarakat ini mampu meningkatkan image dan citra prositif bagi pemerintahan desa. Tujuan penelitian untuk mengetahui fungsi komunikasi internal dan ekternal dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat oleh Pemerintahan Desa Air Molek II Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Peneliti melakukan penelitian di Kantor Desa Air Molek II Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu dengan metode kualitatif. Informan penelitian ini sebanyak lima orang. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teori Lasswell (siapa mengatakan apa melalui saluran apa kepada siapa dengan efek apa). Temuan penelitian ini menghasilkan bahwa fungsi komunikasi internal dan eksternal dalam pemberdayaan masyarakat oleh Pemerintahan Desa yaitu fungsi komunikasi internal dan eksternal. Fungsi internal meliputi (1) Pemerintahan Desa berfungsi sebagai penghubung dengan stakeholder (public ektern dan intern), (2) Pemerintahan desa harus mampu membangun image dan citra positif, (3) Pemerintahan Desa melakukan pembinaan kepada staff. Sedangkan fungsi komunikasi eksternal meliputi (1) Pemerintahan desa harus mengidentifikasi masalah, (2) Pemerintahan Desa melaksanakan pemberdayaan masayrakat dengan menggunakan tugas dan fungsi pokok nya, seperti menyelenggarakan atau melaksanaan pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat, melaksanakan urusan anggaran pendapatan dan belanja desa (APB Desa), serta mengoptimalkan peran pemuda dan pemudi dalam pembangunan desa. Kata Kunci : Fungsi Komunikasi Internal dan Ekternal, Melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat, Teori Laswell.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:07
Last Modified: 10 Nov 2021 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55921

Actions (login required)

View Item View Item