Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KLASIFIKASI KOMENTAR DI GOOGLE PLAYSTORE TENTANG KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI OJEK ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE C4.5

M PUTRA UTAMA, - (2021) KLASIFIKASI KOMENTAR DI GOOGLE PLAYSTORE TENTANG KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI OJEK ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE C4.5. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
LAPORAN BAB 4-5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
LAPORAN BAB 123-6.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kepuasan pengguna di google playstore terhadap aplikasi ojek online merupakan penilaian dari penggunayang berisi tentang persaaan terhadap layanan yang di berikan oleh aplikasi ojek online. Di google playstore terdapat fitur bintang sebagai acuan untuk menentukan kepuasaan pengguna, namun bintang yang di berikan tidak selaras dengan komentar. Maka dibuatlah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna menggunakan komentar dan menerapkan algoritma C4.5 dalam mengklasifikasi komentar di google playstore tentang kepuasan pengguna terhadap aplikasi ojek online. Dengan menggunakan data komentar sebanyak 500 data disetiap aplikasi dan data ojek online sebanyak 1500 data ojek online. Algoritma C4.5 telah diuji menggunakan confusion matrix dengan perbandingan 90:10. Pengujian terhadap aplikasi Gojek mendapatkan hasil akurasi 82.00%, aplikasi Grab mendapatkan hasil akurasi 82.00%, aplikasi Maxim mendapatkan hasil akurasi 76.00%. pada pengujian dengan menggunakan stopword removal terhadap 1500 data ojek online diperoleh akurasi 76.00% sedangkan pengujian tanpa menggunkan stopword removal diperoleh akurasi 77.33%. Akurasi terbaik terdapat pada pengujian seluruh data ojek online tanpa menggunakan stopword removal mendapatkan akurasi tertinggi. Didapatkan aplikasi ojek online terbaik yaitu Maxim dengan jumlah puas terbanyak. Nilai recall rata-rata yaitu 53.57% terbilang masih rendah sehingga tingkat keberhasilan sistem dalam menemukan kembali sebuah informasi masih rendah. Kata Kunci: Algoritma C4.5, Google Playstore, Kepuasaan pengguna, Klasifikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:44
Last Modified: 10 Nov 2021 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55910

Actions (login required)

View Item View Item