Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRUKTUR MODAL (Longterm Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio), PROFITABILITAS DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN TERUTANG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2019)

VIKA ALFATH AUDDINA, - (2021) PENGARUH STRUKTUR MODAL (Longterm Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio), PROFITABILITAS DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN TERUTANG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2019). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEBAHASAN.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal (Longterm Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio), Profitablitas dan biaya operasional terhadap pajak penghasilan badan terutang secara parsial dan simultan pada perusahan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang digunakan untuk meneliti populasi atau sampel yang telah ditentukan. Dalam peneltian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan sebanyak 35 perusahan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Metode analisis data dilakukan dengan analisis regresi data panel dengan bantuan Eviews 9. Model regresi yang digunakan yaitu random effect model dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji T, uji F dan uji R-Squared. Hasil penelitian menunjukan perhitungan hipotesis secara parsial bahwa Longterm Debt to Asset Ratio (LDAR) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pajak penghasilan badan terutang dengan tingkat signifikan sebesar 0.7484 > 0.05. Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh secara signifikan terhadap pajak penghasilan badan terutang dengan tingkat signifikan sebesar 0.0021 < 0.05. Profitabilitas yang diukur menggunakan Operating Profit Ratio (OPR) berpengaruh secara signifikan terhadap pajak penghasilan badan terutang dengan tingkat signifikan sebesar 0.0000 < 0.05. Biaya operasional berpengaruh secara signifikan terhadap pajak penghasilan badan dengan tingkat signifikan 0.0000 < 0.05. Untuk hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa struktur modal (Longterm Debt to Asset ratio dan Debt to Equity ratio), Profitabilitas dan biaya operasional berpengaruh signifikan terhadap pajak penghasilan badan terutang dengan Fitung sebesar 60.66963 dengan probabilitas sebesar 0.000000 < 0.05. Kata Kunci: Struktur Modal, LDAR, DER, Profitabilitas, OPR, Biaya Operasional, dan Pajak Penghasilan Badan Terutang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:56
Last Modified: 10 Nov 2021 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55895

Actions (login required)

View Item View Item