MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE CRITICAL INCIDENT PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 001 KAPLING KABUPATEN KARIMUN

EMIZELFITRI, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE CRITICAL INCIDENT PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 001 KAPLING KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013588PAI.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

TujuanPenelitianTindakanKelasiniadalahuntukmengetahui “penerapanmetodeCritical IncidentdalammeningkatkanhasilbelajarPendidikan Agama Islam padasiswakelas I SDN 001 KaplingTebingKarimun. PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas (PTK) yang terdiridaritigasiklus.Setiapsiklusmencakupempattahapankegiatanyaitu (1) Perencanaan (planning) (2) pelaksanaantindakan (acting) (3) pengamatan (observing) danRefleksi (reflecting). Dengantehnikanalisisdeskriptifkualitatif, penelitianTindakanKelasinidipilihsebagaiupayameningkatkanhasilbelajarsiswa.Se belumdilakukantindakanberupasiklus 1 dansiklus2 ,diawalidengantahapprasikluspadatahapinipenelitimelakukanobservasitentangpem belajaran PAI yang diterapkan di kelasI. PenelitianinimembuktikanbahwapenerapanmetodeCritical IncidenttelahdapatmeningkatkanhasilbelajarPendidikan Agama Islam padasiswakelas I SDN 001 KaplingTebingKarimun. Hal iniditunjukkandenganteshasilbelajarpadatindakansiklus I mengalamipeningkatanyaitu 60% biladibandingkandenganhasilbelajarsiswasebelumtindakan yang hanyamencapai rata-rata persentase 54,7%. Selanjutnya, padatindakansiklus II jugamengalamipeningkatanterhadaphasilbelajarsiswadenganperolehan rata-rata persentasemencapai 66,7%. Kemudian, padatindakansiklus III, penerapanmetodeCritical Incidentmemberikandampak yang sangatpositifpadahasilbelajarsiswa yang ditunjukkandenganperolehan rata-rata persentasesiswasecaraklasikalmencapai 74,3%. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas di atas, dapatdisimpulkanbahwahasilbelajarPendidikan Agama Islam siswakelas I SDN 001 KaplingTebingKarimundapatditingkatkanmelaluipenerapanmetodeCritical Incidentdenganperolahanhasiltesbelajarsiswapadasiklus III mencapai 74,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:49
Last Modified: 07 Sep 2016 09:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5588

Actions (login required)

View Item View Item