MENINGKATKAN PENGUASAAN SHALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 003 TELUK AIR KECAMATAN KARIMUN

ALI MUNTHAHA, (2013) MENINGKATKAN PENGUASAAN SHALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 003 TELUK AIR KECAMATAN KARIMUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013585PAI.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Shalat merupakan ibadat yang paling utama untuk membuktikan ke- Islaman seseorang. Untuk mengukur keimanan seseorang, dan merupakan tiang agama, oleh sebab itu shalat diwajibkan untuk setiap muslim Materi pelajaran shalat bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan penguasaan shalat bagi peserta didik yang diwujudkan melalui pemberian pembekalan untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik. Dalam pembelajaran materi shalat ini yang sangat diharapkan adalah kemampuan siswa baik pada bacaan shalat atau pada gerakan-gerakan shalat, untuk mengetahui tentang penguasaan shalat tersebut pada siswa, maka perlu diadakan penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini sejauh manakah pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas III di SD Negeri 003 Teluk Air Kecamatan Karimun dan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya.Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan rujukan teoritis bagi peneliti selanjutnya tentang metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada materi shalat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif. Obyek penelitian adalah penguasaan shalat di SD Negeri 003 Teluk Air Kecamatan Karimundan obyek penelitian adalah siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode, observasi dan tindakan. Berdasarkan observasi yang yang telah penulis lakukan, maka terlihat tingkat penguasaan shalat pada siswa kelas III SD Negeri 003 Teluk Air meningkat dibanding sebelumnya yang masih rendah, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil observasi awal yaitu dilakukan pre tes hasilnya rata-rata 65,74 %. Setelah dilakukan pembelajaran dengan metode demonstrasi maka prestasi yang dihasilkan meningkat, ini terbukti pada tes siklus I nilai rata-rata 73,89 %, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 79,44% dan pada siklus III menjadi 85,74%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:50
Last Modified: 07 Sep 2016 09:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5586

Actions (login required)

View Item View Item