Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN BADAN USAHA MILIK DESA BINA USAHA SEJATI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA BERDASARKAN PERATURAN DESA KUNDUR NOMOR 4 TAHUN 2017 DI DESA KUNDUR KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

ALDE WISSIANA, - (2021) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA BINA USAHA SEJATI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA BERDASARKAN PERATURAN DESA KUNDUR NOMOR 4 TAHUN 2017 DI DESA KUNDUR KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALDE WISSIANA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alde Wissiana (2021): Peran Badan Usaha Milik Desa Bina Usaha Sejati dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Berdasarkan Peraturan Desa Kundur Nomor 4 Tahun 2017 di Desa Kundur Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Peran Badan Usaha Milik Desa Bina Usaha Sejati yang diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa, sebagaimana yang disebutkan di dalam pasal 4 dan 5 Peraturan Desa Kundur Nomor 4 Tahun 2017 bahwa BUMDes merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh Desa yang bertujuan untuk mewujudkan kestabilan perekonomian masyarakat perdesaan yang mandiri serta dapat menggali potensi lokal untuk mengembangkan produktivitas usaha pedesaan. Sedangkan dalam pelaksanaannya pihak BUMDes Bina Usaha Sejati terlihat belum begitu memaksimalkan program program yang diharapkan mampu menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Desa. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana peran BUMDes Bina Usaha Sejati di Desa Kundur dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Desa berdasarkan tujuan dari pendirian BUMDes yang tertera pada Peraturan Desa Kundur Nomor 4 Tahun 2017 dan apa saja yang menjadi faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan peran BUMDes Bina Usaha Sejati dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa Kundur Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini berbentuk penelitian hukum empiris. Dengan metode pendekatan efektivitas hukum. Sumber data yang digunakan mencakup sumber primer yaitu: hasil wawancara responden penelitian dan Peraturan Desa Kundur Nomor 4 Tahun 2017, sumber sekunder yaitu: buku-buku yang terkait dengan pembahasan penelitian, dan sumber tersier yaitu: karya tulis ilmiah, jurnal, website, kamus. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif, dengan menarik kesimpulan secara induktif. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa Peran Badan Usaha Milik Desa Bina Usaha Sejati dalam meningkatkan pendapatan asli desa Kundur telah terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan pendirian BUMDes yang tertera dalam Peraturan Desa Kundur Nomor 4 Tahun 2017. Faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan Badan Usaha Milik Desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa yaitu : Pertama, Sebagian masyarakat yang masih kurang peduli terhadap BUMDes. Kedua, Terbatasnya tenaga kerja. Terjadinya penambahan tenaga kerja dikhawatirkan akan menambah dana pengeluaran, hal itu dikhawatirkan dapat mengahambat jalannya BUMDes tahun-tahun kedepannya. Kata Kunci : Peran, BUMDes, Pendapatan Asli Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Nov 2021 06:29
Last Modified: 05 Nov 2021 06:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55840

Actions (login required)

View Item View Item