Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN AGEN IKAN NILA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Kuantan Tengah)

RENDRA DELDI USMAN, - (2021) PERANAN AGEN IKAN NILA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Kuantan Tengah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RENDRA DELDI USMAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rendra Deldi Usman, (2021): Peranan Agen Ikan Nila dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga pada Masa pandemi Covid-19 Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Kuantan Tengah) Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya kesenjangan antara target penjualan dengan realisasi penjualandari agen ikan nila. Menurunnya daya beli masyarakat diduga menjadi salah satu penyebab realisasi penjualan dari agen menjadi menurun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahuiperanan agen ikan nila dalam meningkatkan ekonomi keluarga pada masa pandemi covid-19, peranan agen ikan nila dalam meningkatkan ekonomi keluarga pada masa pandemi covid-19 menurut perspektif Ekonomi Islam dan peluang dan tantangan agen ikan nila dalam meningkatkan ekonomi keluarga pada masa pandemi covid- 19di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Kuantan Tengah Populasi penelitian ini adalah pengusaha agen ikan kolam di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Kuantan Tengah sebanyak 10 orang, karena jumlah populasi terbatas dan terjangkau maka penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta studi pustaka. Metode analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan agen ikan nila belum mampu dalam meningkatkan ekonomi keluarga pada masa pandemi covid 19 dan belum memiliki potensi dengan tinggi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Kuantan Tengah. Agen ikan nila memiliki peluang untuk meningkatkan ekonomi keluarga pada masa pandemi covid 19 pada saat ini, meskipun demikian pemilik Agen Ikan Nila memiliki tingkat kesulitan dari segi pemodalan, termasuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi selama pandemi, karena adanya hambatan dalam memasarkan ikan nila. Agen Ikan Nila telah dilakukan sesuai dengan ajaran Islam menerapkan prinsip akhlak yang baik sesama pemilik ikan dan pengelola dan juga proses kesepakatan harga dengan melakukan prinsip tidak zhalim dan jujur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:14
Last Modified: 04 Nov 2021 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55835

Actions (login required)

View Item View Item