PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 SIAK DESA PERAWANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

YENGKI PUTRA, (2013) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 SIAK DESA PERAWANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013575PAI.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dapat ditingkatkan kualiatasnya dengan mengembangkan kecerdasan emosional ( emotional quotient) oleh seorang guru dalam pendidikan, karena ternyata melalui pengembangan intelegensi saja tidak mampu menghasilkan manusia yang utuh, seperti yang diharapkan oleh pendidikan nasional. Berbagai hasil kajian, dan pengalaman menunjukkan bahwa dalam pembelajaran komponen emosional lebih penting dari pada intelektual, dan hal yang irasional lebih penting daripada yang rasional Namun, berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Siak. Ditemukan gejala –gejala sebagai berikut: 1. Guru dalam proses pembelajaran membiarkan siswanya berkeliaran didalam kelas 2. Adanya guru kesulitan dalam menyelesaikan masalah pribadi siswa 3. Masih ada guru yang membiarkan siswa tidak berlaku sopan terhadap guru 4. Siswa masih ada melawan kepada guru ketika disuruh berbaris di depan kelas 5. Siswa masih ada yang tidak menghargai guru di dalam kelas seperti siswa sering keluar masuk ketika jam pelajaran berlansung. 6. Masih ada siswa yang berkelahi dalam proses pembelajaran sedang berlansung Berdasarkan gejala diatas, penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut apakah ada pengaruh kecerdasan emosional guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa. Selanjutnya, untuk mecapai tujuan dari penelitian ini maka penulis menggunakan angket dan wawancara terhadap subjek penelitian untuk mengumpulkan data. Adapun teknis anaslisis data yang digunakan ialah dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Dengan menggunakan rumus sebagai berikut: Σ Σ (Σ ) Σ (Σ ) Σ (Σ ) Dari hasil analisa teknik korelasi Product Moment mengenai pengaruh kecerdasan emosional guru PAI terhadap akhlak siswa ternyata ada pengaruh antara kecerdasan emosional guru PAI terhadap akhlak siswa di SMPN 21 Siak Kabupaten Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:49
Last Modified: 07 Sep 2016 09:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item