Penerapan Strategi Jigsaw Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Rasul Ulul Azmi Kelas V Sekolah Dasar Swasta 007 Pasir Panjang Meral Karimun

Mardiyana, (2013) Penerapan Strategi Jigsaw Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Rasul Ulul Azmi Kelas V Sekolah Dasar Swasta 007 Pasir Panjang Meral Karimun. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013565PAI.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi Rasul Ulul Azmi melalui penerapan strategi Jigsaw Learning pada siswa kelas V SDS 007 Pasir Panjang Meral Karimun. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDS 007 Pasir Panjang Meral Karimun yang berjumlah 23 orang dan terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi untuk mengetahui kondisi awal minat belajar siswa, dan teknik dokumentasi untuk mendapatkan data tentang siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi Jigsaw Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDS 007 Pasir Panjang Meral Karimun pada mata pelajaran Rasul Ulul Azmi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan hasil observasi minat belajar siswa dari kondisi awal sebelum tindakan yaitu mencapai 50%. Pada siklus I nilai rata-rata persentase minat belajar siswa meningkat menjadi 75%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata persentase minat belajar siswa meningkat menjadi 81%. Dengan demikian, penerapan strategi Jigsaw Learning dapat dijadikan sebagai masukan bagi guru untuk dapat digunakan tidak hanya pada mata pelajaran pendidikan agama islam, namun juga bisa digunakan pada mata pelajaran lainnya. Hal dikarenakan strategi Jigsaw Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa yang selanjutnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:48
Last Modified: 07 Sep 2016 09:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item View Item