Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI USAHA BUMKep TUAH SERANTAU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH DI KEPENGHULUAN RANTAU BAIS KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR

MUHAMMAD RAMADHAN, - (2021) IMPLEMENTASI USAHA BUMKep TUAH SERANTAU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH DI KEPENGHULUAN RANTAU BAIS KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. RAMADHAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ramadhan, (2021): Implementasi Usaha BUMKep Tuah Serantau Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah di Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis mengenai implementasi usaha BUMKep di Kepenghuluan Rantau Bais yang belum memberikan sumbangsih maksimal terhadap peningkatan Pendapatan Asli Desa sehingga tidak dapat dirasakan langsung oleh masyarakat setempat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi usaha BUMKep dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa di Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Apakah kendala dalam implementasi usaha BUMKep dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa di Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah terhadap implementasi usaha BUMKep dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa di Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 8 orang pengurus BUMKep, 17 orang perangkat Desa dan 4.963 orang masyarakat Desa. Total populasi berjumlah 4.988 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yakni reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Implementasi usaha BUMKep Tuah Serantau belum memberikan hasil yang maksimal dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa sehingga tidak dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Kendala pelaksanaannya adalah kapasitas manajerial, sumber daya manusia (SDM), sikap dan kecenderungan pengurus, komunikasi antarorganisasi. Menurut tinjauan Ekonomi Syariah sikap dan kecenderungan (perilaku) pengurus dalam mengelola merupakan hal yang bertolak belakang dengan konsep ekonomi Islam. Kata Kunci: BUMDes, Pendapatan Asli Desa, Konsep Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:55
Last Modified: 03 Nov 2021 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55784

Actions (login required)

View Item View Item