PENINGKATAN KEMAMPUAN BERWUDHU DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIK MURID KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 AIR JAMBAN DURI KABUPATEN BENGKALIS

WITYAFRIANTI, (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERWUDHU DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIK MURID KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15 AIR JAMBAN DURI KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013557PAI.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Di SD Negeri 15 Air Jamban Duri Kabupaten Bengkalis kelas II, belum mampu melakukan berwudhu dengan benar, karena belum memiliki pengetahuan dan kurangnya minat belajar siswa dalam pendidikan agama islam khususnya pada keterampilan berwudhu. Rumusan masalah yaitu: Bagaimana penerapan metode praktik untuk meningkatkan kemampuan berwudhu murid kelas II di SD Negeri 15 Air Jamban Duri Kabupaten Bengkalis. Apakah penggunaan metode praktik dapat meningkatkan kemampuan berwudhu murid kelas II di SD Negeri 15 Air Jamban Duri Kabupaten Bengkalis. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan berwudhu murid kelas II SD Negeri 15 Air Jamban Duri Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan di SD Negeri 15 Air Jamban Duri Kabupaten Bengkalis. Objek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 15 Air Jamban Duri Kabupaten Bengkalis kelas II dengan jumlah 40 orang. Data yang diperoleh dari hasil observasi/ pengamatan kegiatan siswa selama melakukan kegiatan yang dianalisis dengan teknik persentase. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I, II dan siklus III. Hasil rata-rata persentase meningkatkan kemampuan praktik wudhu dapat dilihat sebelum tindakan: rendah, Siklus I cukup, siklus II cukup dan tinggi setelah siklus III. Peningkatan hasil belajar siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 6,57, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 7,57, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus III yaitu memperoleh nilai rata-rata 8,33. Selain nilai rata-rata, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan diantaranya aspek mengajukan pertanyaan pada siklus I sebesar 16,67%, siklus II sebesar 10%, dan siklus III sebesar 25%. Aspek menanggapi respon siswa lain pada siklus I sebesar 21,67%, siklus II sebesar 13,34%, dan silklus III sebesar 18,34%. Aspek menjawab pertanyaan pada siklus I sebesar 16,67%, siklus II sebesar 66,67%, dan pada siklus III sebesar 78,33%. Aspek memperhatikan penjelasan guru pada siklus I sebesar 71, 67%, siklus II sebesar 85%, dan silus III sebesar 90%. Aspek dapat mempraktekkan cara berwudhu pada siklus I 66,67%, siklus II sebesar 86,67%, dan siklus III 96,67%. Aspek dapat mempraktekkan cara berwudhu secara berurutan pada siklus I sebesar 81,67%, siklus II sebesar 86,67%, dan pada siklus III sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:48
Last Modified: 07 Sep 2016 09:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5577

Actions (login required)

View Item View Item